Aplikasi Manajemen Pembelajaran Efektif untuk Pembelajaran Daring

27 March 2021

sejarah-sekolah

Aplikasi manajemen pembelajaran efektif untuk pembelajaran daring guru bisa menggunakan Google Classroom karena gratis Jakarta (ANTARA) - Kepala Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika dari Eduversal Ade Kiki Ruswandi mengatakan aplikasi sistem manajemen pembelajaran, efektif untuk pembelajaran daring pada saat pandemi COVID-19.

"Penggunaan teknologi tidak akan menggantikan peran guru yang hebat. Di tangan guru yang hebat, penggunaan teknologi bisa membantu kita untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesungguhnya yakni sumber daya manusia yang berdaya nalar kritis, mandiri dan berakhlak mulia," ujar Ade Kiki Ruswandi dalam webinar "Google Classroom : Advanced Tips and Tricks" di Jakarta, Sabtu.

Dia membagi aplikasi pembelajaran daring menjadi empat kategori. Kategori pertama yakni alat telekonferensi yakni Zoom, Skype, dan Webex yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring.

Kategori kedua yakni penyedia konten materi pembelajaran seperti Khan Academy, Rumah Belajar, Quipper, dan lainnya.

"Kelompok yang ketiga disebut learning management system atau sistem manajemen pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran daring. Melalui aplikasi seperti Google Classroom, ClassDojo, Schoology, Sesaw, dan lainnya. Melalui sistem ini, guru dapat mengadministrasi pembelajarannya, mengirimkan tugas siswa, memberikan penilaian, umpan balik, dan siswa dapat berkomunikasi dengan teman-temannya, hingga bisa juga melihat nilai dari tugas yang diberikan," kata dia.

Selanjutnya adalah platform untuk meningkat interaksi guru dengan siswa, seperti Peer Deck, Edpzzle, dan Classtime. Beberapa platform kategori ini juga bisa digunakan untuk tes daring seperti Quizlet, Edcite, Kahoot, dan lainnya.

"Guru bisa menggunakan Google Classroom karena gratis dan bisa diakses siapa saja," terang dia.

Dia menambahkan aplikasi Google Classroom tersebut bisa membuat pembelajaran menjadi lebih produktif dan bermakna, karena menyederhanakan penugasan, menguatkan komunikasi, dan meningkatkan kolaborasi.

"Aplikasi ini memudahkan guru dalam mengorganisir pemberian materi dan siswa juga bisa terorganisir dalam menjalankan tugasnya. Selain itu bisa dengan mudah terintegrasi dengan aplikasi lain," terang dia.

Melalui aplikasi itu, guru dapat mengelola kelas dan penugasan, serta memberikan nilai dan saran. Selama ini, karena guru terlalu sibuk mengelola kelas dan memberikan penugasan sehingga lupa memberikan saran yang bermanfaat untuk perkembangan anak.

Selain itu, siswa dapat melihat langsung tugas-tugasnya, saran dari guru hingga mengetahui nilai yang diberikan guru. Dia berharap dengan aplikasi tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajaran selama diselenggarakannya pembelajaran daring dari rumah.

Dari artikel diatas kita bisa mengetahui bahwasannya banyak nya aplikasi pembelajaran yang dipakai saat pembelajaran daring. Dan hal tersebut membuat siswa/i menjadi memakai banyak aplikasi tergantung dari kemauan guru-guru mata pelajaran masing-masing.

Maka dari itu, kami hadir disini untuk mempermudah guru, siswa/i serta sekolah dalam hal Aplikasi Manajemen Pembelajaran yang Efektif, aplikasi tersebuat adalah SmartSchool.

Aplikasi SmartSchool kami sudah memuat banyak manfaat serta kegunaan yang bervariasi bagi seluruh jajaran sekolah, bukan hanya fitur guru dan siswa, tetapi juga fitur untuk sekolah pun kami miliki.

Selain itu di Smartschool ini, mampu mengintegrasikan seluruh Proses Pembelajaran Daring maupun Tatap Muka, Sekolah Tanpa Kertas. Mengintegrasikan Manajemen Perpustakaan dan Materi Pembelajaran dengan sistim Pengawasan kegiatan belajar/Tugas siswa yang effektif serta terdata, dengan Google Meet dan CCTV yang lebih effektif daripada Tatap Muka. Sistim Ujian Berbasis Komputer yang dilengkapi Kecerdasan Buatan untuk mengeffektifkan pendataan kemandirian siswa/pengawasan ditambah sistim Manajemen Nilai sampai fitur Pelaporan yang memudahkan Guru, Manajemen Sekolah, Orang Tua Murid dan Murid memantau data2 Belajar, Ujian serta Kegiatan terkait lainnya.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita!

Kunjungi SmartSchool untuk informasi lebih lanjut!


Lihat Berita Lainnya